OW Debug - Notice
Message: Function get_magic_quotes_gpc() is deprecated
File: /home/newworld/public_html/ow_core/request.php
Line: 48
Mengelola Keuangan Saat New Normal | Newworldtube Blog ); gtag('config', 'UA-75758496-1');
Loading...

Mengelola Keuangan Saat New Normal from promoulangtahun's blog

Pandemi virus corona 2019 atau Covid-19 telah menyeret kondisi ekonomi global ke titik nadir. Banyak bisnis yang kehilangan pasar seiring diterapkannya kebijakan physical distancing.

 

Pemutusan Hubungan Kerja atau PHK terjadi di mana-mana. Di situasi ekonomi yang rentan karena corona ini, Anda dituntut lebih cermat mengelola keuangan belanja di tengah pandemi. Hal ini karena tidak ada yang tahu seberapa parah efek pandemi terhadap kondisi keuangan pribadi.<!--more-->

Trik Mengelola Keuangan untuk Belanja


Menghadapi perekonomian yang berat, ada dua pilihan yang dapat Anda lakukan. Pertama, menambah penghasilan, salah satunya dana darurat senantiasa aman. Hanya dalam situasi ekonomi lesu, bukan hal mudah menambah pendapatan. Kedua, mengerem pengeluaran agar ruang finansial tetap aman. Pilihan kedua, yaitu mengatur keuangan belanja di tengah pandemi supaya lebih hemat, lebih mungkin Anda lakukan untuk keamanan keuangan pribadi.

- Manfaatkan Promo Ulang Tahun


Belanja dengan menggunakan deal coupon memberi keuntungan langsung. Kupon diskon membuat Anda berbelanja lebih murah. Caranya, Anda beli kupon diskon pada situs penyedia deal coupon, misalnya Giladiskon, My Fave, iPrice, ShopBack, dan lain-lain. Kupon diskon itu dapat Anda pakai berbelanja di berbagai tenant, ada yang offline hingga online. Karena sekarang ini Anda harus #diRumahAja, pilih kupon yang memungkinkan Anda belanja online lebih murah.

 

Selain itu, pilih kupon untuk belanja kebutuhan primer, misalnya belanja groceries atau kebutuhan dapur. Anda bisa meraih promo dan diskon besar ketika momen spesial. Contohnya promo ulang tahun yang biasanya ada saat ulang tahun situs belanja online. Bahkan ketika ada tanggal cantik juga ada kesempatan dapat sale besar, sebut saja promo 10-10, promo 11.11 hingga promo 12.12.

- Manfaatkan Aplikasi Belanja Online

Ada berbagai aplikasi belanja yang memberi penawaran menarik jika Anda belanja melalui aplikasi langsung di ponsel. Jadi, download saja aplikasi belanja yang memiliki penawaran paling menarik. Contohnya, aplikasi belanja yang konsisten menawarkan diskon ongkos kirim atau aplikasi belanja dengan cashback paling menarik. Bisa juga Anda pilih aplikasi belanja yang menyuguhkan diskon rutin untuk transaksi menggunakan cara bayar tertentu, misalnya kartu kredit atau online payment lainnya.

- Fokus Belanja Kebutuhan Penting

Di tengah rasa bosan dan penat disebabkan keharusan berdiam #DiRumahAja banyak orang yang merasakan keinginan belanja jadi lebih besar. Belanja jadi kebiasaan baru untuk melepaskan beban psikologis, karena ketidakpastian keadaan yang disebabkan wabah Covid-19. Stres karena situasi yang tidak pasti seperti sekarang ini adalah hal yang wajar.

 

Namun, Anda harus cepat menyadari jika kebiasaan yang Anda pilih adalah belanja. Pelan tapi pasti itu dapat menyakiti kesehatan keuangan Anda. Sebaiknya, sebelum menyesal, berusahalah agar fokus belanja pada yang memang Anda perlukan saja. Misalnya kebutuhan dapur, agar Anda tidak mudah lapar mata, buatlah daftar rencana menu untuk minimal seminggu.

 

Dari situ Anda dapat mendetilkan lagi apa saja keperluan dapur yang harus Anda beli. Terbiasa mempunyai catatan stok kebutuhan rumah, seperti tisu dapur, deterjen, pembersih lantai dan lain sebagainya. Hal ini juga memudahkan Anda mengetahui barang apa yang harus dibeli dan mana yang tidak perlu dibeli walau harganya diskon.

- Sisihkan Anggaran Belanja

Bagaimana jika Anda memerlukan belanja untuk salah satu jalan melepas stress? Boleh saja menjadikan belanja untuk cara pelepasan emosi. Namun terapkan trik cermat supaya kebiasaan itu tidak membahayakan keuangan. Caranya muda, miliki akun khusus untuk belanja impulsif.

 

Tidak harus banyak. Anggap saja dari 100% anggaran belanja bulanan, cukup sisihkan 5% hingga 10% dari anggaran tersebut khusus belanja impulsif. Jadi, andaikan pos belanja bulanan Anda sebesar Rp 3 juta setiap bulan, maka jatah belanja impulsif adalah Rp150.000 sampai Rp300.000 saja. Konsekuensinya, Anda harus disiplin bahwa belanja impulsif tidak bisa melebihi pagu anggaran tersebut.

Selektif Terhadap Pengeluaran

Kebijakan physical distancing memaksa berbagai kalangan untuk bertahan di rumah saja, bekerja sampai menjadi guru untuk anak-anak yang bersekolah dari rumah. Kondisi ini memang bukan yang ideal. Tetapi, demi mengurangi penyebaran virus Covid-19, Anda tidak mempunyai pilihan lain yang lebih baik. Sebab lebih sering di rumah, sebenarnya ada cukup banyak pos anggaran yang hilang. Misalnya pos pengeluaran transportasi, seperti biaya tol, bensin, angkutan umum hingga uang parkir.

 

Pos pengeluaran lain juga dapat dihilangkan seperti pos jalan-jalan atau dining out pada pusat belanja atau restoran saat akhir pekan tiba. Pos-pos itu dapat Anda kurangi bahkan hilangkan sama sekali, sebab memang tidak ada keperluan. 

Alihkan anggaran itu ke pos lain yang lebih prioritas seperti internet untuk mendukung work from home supaya lebih lancar atau untuk belanja keperluan healthcare keluarga dan lain sebagainya.


Share:
     Blog home

The Wall

No comments
You need to sign in to comment

Post

By promoulangtahun
Added Sep 29

Rate

Your rate:
Total: (0 rates)

Archives

Booking.com
No Content
Google this